Breaking News

UPT SMA Negeri 9 Wajo Bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Melaksanakan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) untuk mencegah Pernikahan di Usia Dini

 


Sul-Sel Media 24 jam Indonesia

Pammana, 8 Oktober 2024 – Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang diadakan pada 8 Oktober 2024 di Aula UPT SMAN 9 Wajo berhasil menarik perhatian siswa-siswi. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang bahaya pernikahan dini dan mempromosikan alternatif yang lebih baik bagi generasi muda.


Kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pammana beserta dengan  Staf, dengan tema "Mewujudkan Generasi Emas: Sekolah Dulu, Baru Nikah", yang menghadirkan  seluruh perwakilan kelas 12 dan pengurus OSIS dengan didampingi oleh Andi Marwandis, S.Pd., M.Pd, selaku pembina. Acara dibuka oleh Asgar, S.Hi, selaku Kepala KUA, yang sekaligus membawakan materi tentang pentingnya prinsip hidup bagi remaja untuk menghadapi tantangan di masa depan.


Materi kedua disampaikan oleh Drs. H. Amiruddin, penyuluh agama Islam fungsional. Beliau membahas pengelolaan emosi, menekankan perlunya pembimbingan agar remaja dapat mengontrol diri, mengingat banyaknya kasus perilaku negatif, seperti tawuran dan seks bebas. Kemudian peserta dibagi menjadi kelompok untuk mendiskusikan isu-isu yang mereka hadapi dan mempresentasikan hasil diskusi.


Materi terakhir disampaikan oleh H. Muh Jumardin, S.Ag. yang membahas pentingnya menghindari pernikahan dini. Kegiatan ini berlangsung dengan alot karena di sesi tanya jawab, para siswa dengan aktif mengajukan pertanyaan kepada ketiga narasumber,Salah satu siswa bertanya tentang hak pendidikan bagi korban pernikahan dini. Di penghujung kegiatan pemateri menegaskan pentingnya menikah dengan perencanaan, bukan sekadar impulsif.


Drs. Amir, M.Si. selaku Kepala UPT SMAN 9 Wajo dalam sambutannya mengatakan bahwa pernikahan dini merupakan masalah yang paling krusial di Kabupaten Wajo, di mana terdapat banyak kasus pernikahan dini akibat dari adanya tekanan dari tradisi, ekonomi, pergaulan bebas dan penyebab lainnya.


Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama, menandakan kesuksesan acara dalam memberikan wawasan berharga bagi para remaja. 


Humas SMAN 9 Wajo, Megawati,S.Pd,M.Pd

Penulis: Muchlis Jufri

Media www.24jamindonesia.id

© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID