Breaking News

Marak Pembalakan Liar di Desa Wasamba Lasalimu. Ketua LSM Forum Buton Indonesia (FBI) : Kami akan Koordinasi Dengan Pos GAKKUM KLHK Sultra Dan APH

Buton,Sulawesi Tenggara, jejakkasus.id – Ketua umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Buton Indonesia (FBI) Muhammad Darmin Ali mengeluarkan pernyataan keras terkait dugaan peredaran kayu ilegal dan aktivitas pembalakan liar yang terjadi di Desa Wasamba,Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton. Dalam keterangannya, Ketua umum LSM FBI menegaskan bahwa tindakan tersebut merugikan lingkungan dan masyarakat lokal, serta melanggar hukum yang berlaku.Senin (30/09/2024)

Darmin mengatakan, peredaran kayu ilegal dan pembalakan liar di kawasan tersebut tidak hanya merusak hutan yang menjadi penopang ekosistem, tetapi juga mengancam beberapa situs budaya yang ada pada kawasan hutan tersebut. “Pembalakan liar ini mengakibatkan degradasi lingkungan yang parah. Hutan-hutan di Desa Wasamba menjadi gundul, dan ini berdampak pada erosi dan hilangnya keanekaragaman hayati serta kawasan hutan tersebut sangat dekat dengan beberapa situs budaya yang wajib kita jaga bersama,” tegasnya.

Ia juga menyayangkan lemahnya pengawasan dari pihak berwenang yang seharusnya lebih tegas dalam menindak pelaku-pelaku yang terlibat dalam praktik ilegal tersebut.Darmin mendesak pemerintah daerah dan penegak hukum untuk segera melakukan investigasi mendalam dan menindak tegas para pelaku peredaran kayu ilegal serta pembalakan liar, agar kerusakan lingkungan di wilayah Buton tidak semakin meluas.

"Hasil investigasi kami menemukan,kayu-kayu hasil pembalakan liar tersebut di bawa ke beberapa pelabuhan dan di angkut menggunakan kapal yang selanjutnya di kirim ke provinsi Nusa tenggara Timur," ungkapnya.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan koordinasi dengan Pos Gakkum KLHK Sulawesi Tenggara dan siap bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menyelamatkan hutan serta menjaga kelestarian lingkungan di Buton,” tambah Ketua FBI.

Masyarakat Desa Wasamba sendiri semakin resah dengan aktivitas tersebut. Mereka berharap tindakan tegas segera diambil untuk mengakhiri praktek-praktek ilegal yang merusak lingkungan mereka.

LSM Forum Buton Indonesia (FBI) berkomitmen untuk terus memperjuangkan pelestarian alam dan menolak segala bentuk eksploitasi sumber daya alam yang tidak bertanggung jawab.

Penulis : Ariadin (Buton)

© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID