Breaking News

Bersih Desa ” Nyadran” Desa gandong Masih Di Uri-Uri Dengan Pagelaran gambyong Semalam suntup.








Jejakkasus.id-Ngawi.

Kesenian budaya harus di lestarikan itu wajib bagi setiap warga negara. Desa gandong Kecamatan bringin kabupaten ngawi bergerak dalam kegiatan tahunan desanya. Adapun kegiatan sebagai peninggalan nenek moyang dan sebagai tradisi turun temurun yang sudah di lakukan.


Agenda Bersih Desa atau Nyadranan sudah tidak asing lagi bagi kita adat jawa, yang selalu mencintai tradisi nyadran.Ini terbukti senin 02/09/24 pelaksanaan nyadran / bersih desa di punden desa tersebut dan tidak pernah berpindah pindah. Punden yang berdekatan dengan hutan ini sangat sejuk udaranya dan warga luar desa sudah tidak asing dengan tradisi desa gandong jika melakukan nyadran.


Dengan adat yang khas Pagelaran “musik gambyong/campursari” semalam suntup aladah puncak acara guna menghibur warga desa gandong,Dan sangat diyakini warga setempat mempunyai nilai religi tersendiri.


“pagelaran seni gambyong atau campursari ini sudah terlaksana setiap tahun, sebagai menguri nguri budaya desa gandong khususnya, dan terlaksana sudah turun menurun sejak kades terdahulu” terang Kades gandong kuswanto.


Dalam tahun ini kami mengundang campursari langsung dari bojonegoro di mana di daerah sana lah paling terkenal musik atau kesenian tradisional gambyong tersebut mampu menyerap animo warga gandong untuk melihat dan mencermati makna lagu langgem jawanya tersebut. ” Acara nyadranan ini sepengetahuan saya sejak saya masih kecil hingga sudah tua masih saja di laksanakan”, ujar kades kuswanto selaku panitia dan juga salah satu penonton acara tersebut.



” kesadaran warga kami hingga saat ini masih tinggi, dan selalu mengingatkan kami selaku kepala desa gandong, agar selalu mengadakan acara bersih desa karena sudah menjadi adat tradisi desa gandong” Terang kades kuswanto.


Seluruh lapisan masyarakat,para tokoh masyarakat dari macam profesi berkumpul menyaksikan puncak acara dari bersih desa ini yaitu seni gambyong,di mana dalam acara nyadran ini kalau bisa harus di jaga dan di lestarikan sampai anak cucu kita kelak supaya tidak akan pernah punah adat istiadat peninggalan leluhur kita ini.(Dar/adv)





DARSONO WWW.JEJAKKASUS.ID

© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID