Breaking News

Pendampingan Desa Wisata Kandangmas oleh PPK ORMAWA dari Badan Exsekutif Mahasiswa Universitas Muria Kudus


Desa Kandangmas, sebuah kawasan dengan potensi wisata yang menjanjikan, telah menjadi fokus pendampingan terbaru oleh Tim Pelaksana Program Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa)  dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus. Dalam upaya untuk memaksimalkan potensi wisata desa ini, tim kami melakukan pendampingan intensif yang terfokus pada pengembangan kapasitas kelompok sasaran utama yaitu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), Karang Taruna, dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Ketua Pokdawris,Pak  Sabari, menjelaskan bahwa hambatannya dalam menjalankan kegiatan kurang baik dikarenakan anggota kurang aktif. Direktur BUMDes, bapak Riska mengatakan bahwasannya mengalami kesulitan dalam menjalin Kerjasama dengan pemerintah desa, serta keterbatasan modal yang menghambat perkembangan usaha desa. Bapak Sarofi sebagai ketua Karang Taruna menjelaskan bahwa organisasi menghadapi masalah terkait keaktifan anggotanya, komunikasi antar anggota tidak terjalin dengan optimal karena kesibukan individu, serta  keterbatasan dana dan fasilitas.  

Pendampingan ini dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif melalui dua tahap utama yaitu Focus Group Discussion (FGD) dan Participatory Rural Appraisal (PRA). FGD menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan lokal untuk berbagi pandangan, aspirasi, serta tantangan yang mereka hadapi dalam pengembangan wisata desa. Diskusi ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang ada di desa, serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk pengembangan wisata Bendungan Logung. Dalam FGD ini juga turut bekerjasama dengan BBWS pemali Juana sebagai narasumber.

Tahap Participatory Rural Appraisal (PRA), di mana tim memetakan potensi wisata di Desa Kandangmas dengan melibatkan kelompok sasaran. Metode ini mendorong partisipasi aktif kelompok sasaran untuk mengetahui potensi-potensi wisata yang ada di desa. menghasilkan tujuh potensi wisata dengan pemetaan sosial, yakni: potensi wisata religi, potensi wisata alam, potensi wisata buatan, potensi wisata seni budaya, potensi wisata terintergrasi, potensi wisata kuliner dan potensi wisata kerajinan tangan. 

“Dengan adanya pendampingan dari Tim PPK Ormawa BEM fakultas psikologi universitas muria kudus ini kami merasa senang dan bangga serta yakin bahwa wisata di Desa Kandangmas akan mampu berkembang pesat dan menjadi contoh sukses dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat” ujar kepala desa kandangmas H sofwan ,
“Melalui pendampingan ini, diharapkan Desa Kandangmas dapat memanfaatkan potensi wisatanya secara optimal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, serta mempromosikan desa kandangmas sebagai destinasi wisata yang menarik. Tim PPK Ormawa BEM Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait dalam mewujudkan visi ini” ujar Tegar Susilo selaku ketua Tim pelaksana PPK Ormawa BEM fakultas psikologi UMK 

Narasumber : UMK (Fakultas Muria Kudus) 
Kabiro Kudus Ramidi www.jejakkasus.id
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID