Breaking News

Pengukuhan Lembaga Adat Desa ( LAD),Desa Padang Kelapo, Kec. Maro Sebo Ulu Kab. Batang Hari.


Batang hari, Jejakkasus.Id.-  Ketua Lembaga adat Kecamatan Mao Sebo Ulu, H. Muhammad Saman didampingi Camat Maro sebo ulu Ismail. S. Pd.Kepala Desa Padang kelapo Budiyanto. S. P,  Lurah Simpang Sungai rengas Syaripudin,menghadiri pengukuhan Lembaga Adat Desa,(  LAD )  Kepala Desa Padang kelapo Budiyanto. S. P sebagai pemangku adat  dan beserta pegawai syarak Desa Padang kelapo. Jum'at ( 12/ 07/ 2024

Pengukuhan pengurus harian Lembaga Adat Desa itu, dilakukan oleh Ketua Lembaga Adat Bumi Serentan Bak Regam ( BSBR)  Kecamatan maro Sebo ulu, H. Muhammad saman.  pembacaan Surat Keputusan (SK) adat Daerah ( LAD) Bumi serentak Bak Regam Kabupaten Batang hari No. 007/ LAD. BSBR -BTH. VII, 2024 Tentang Penetapan pengurus lembaga adat Desa Padang kelapo Priode 2024-2029.dengan susunan pengurus harian Ketua . Ruslan Gani, Sekretaris . M. Nazir, Bendahara Sargawi.

Kepala Desa Padang kelapo Budiyanto. S. P sebagai pemangku adat dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas pengukuhan Datuk Ruslan gani  sebagai ketua Lembaga Adat Desa padang kelapo beserta sekretris,dan bendahara. diharapkan agar adat istiadat dan budaya bisa dilestatikan. Pelestarian adat istiadat dan budaya sangat bermafaat.Apalagi dalam kondisi saat sekarang adat istiadat harus kita jaga dan kita terapkan jangan sekedar nama yang ada, harus kita jalani bersama karena adat bersendi syara' syarak bersendi kita bulloh. Tanpa adat desa akan hancur, karena adat bukan pemerintah padang kelapo yang punya, bukan BPD, bukan lembaga adat Desa. tapi, adat yang punya adalah seluruh masyarakat Padang kelapo yang punya.maka oleh karena itu mari kita sama- sama menjaga, menjalani dan diterapkan kepada masyarakat.

Selanjutnya untuk membangun tatanan sosial dan juga untuk menyaring pengaruh negatif atas kemajuan teknologi khususnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Ungkap kades.

" Selanjut Camat Maro sebo ulu, Ismail. S. Pd. Menyampaikan dia berharap kepada
Pemangku adat desa juga diharapkan memiliki cara - cara kreatif untuk mewariskan dan mengalih generasikan budaya dan adat istiadat kepada generasi muda. Karena genarasi  mudalah yang menjadi generasi penerus dan meneruskan estafet kepemimpinan Desa agar generasi muda kita memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap budaya dan adat-istiadat, juga berharap supaya generasi muda bisa maju dalam pengatuhan teknologi dengan memiliki karakter yang kuat, bermental tangguh  dan berakhlak yang baik dan mau melestarikan adat dan budaya.Ucapnya.

Msr

© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID