Breaking News

Kunjungan Mahasiswa/I Universitas Labuhanbatu “Apem Bugis khas Sulawasi Selatan”

 

Rantauprapat 10-juli-2024 ~ Mahasiswa/I Universitas Labuhanbatu (ULB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kelas 4C Manajemen, melakukan kunjungan ke salah satu UMKM di labuhanbatu. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dan tugas BCMP dengan mata kuliah Komunikasi Bisnis yang di ampuh oleh ibu Elida F.S. Simanjorang, S.Sos., MSP. 27/07/2024

Adapun UMKM ini yaitu jajanan Apem Bugis di jalan siringo-ringo Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan UMKM di Labuhanbatu terkhususnya yang ada di Rantauprapat yang mana nantinya agar UMKM dapat meningkatkan omsetnya.

UMKM Apem bugis merupakan salah satu yang dikenal karena pada jajan tradisional yaitu apem bugis khas Sulawesi selatan yang dikemas secara modern mendapatkan ciri khas yang menarik dan juga memperluas produk apem bugis ke seluruh Indonesia dengan cita rasa yang enak dari apem biasanya. Inilah menjadi pembedaan usaha-usaha makanan lainnya,adapun rasa yang dimiliki yaitu 100% gula aren asli  dan rasa pandan, cukup murah harga dari apem bugis ini  yaitu Rp.10.000/isi 5 saja sudah dinikmati.

Pemilik UMKM Apem Bugis ini menjelaskan bahwa tercipta usaha yang dijalankan karena makanan ini khas dari Sulawesi selatan dan ingin mengenalkan khas apem bugis ke pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua.Visi dan misi usaha ini adalah tetap mempertahankan cita rasa tradisional dan selalu menghadirkan jajanan yang dapat yang bersaing di pasar dengan jajanan modern lainnya, kata owner Apem bugis.

Lokasi UMKM Apem Bugis ini sangat mudah terjangkau karena bisa dilihat dari google maps, yaitu jln. Siringo-ringo depan apotik medan. Untuk tempatnya juga sangat nyaman dan bersih walaupun tepat berada didepan jalanan tapi sudah sangat dijaga kebersihanya.

“Kami melihat UMKM Apem Bugis ini memiliki produk yang sangat unik dan berpotensi untuk berkembang luas. Harapan kami kedepannya untuk UMKM Apem Bugis semoga berjalan dengan lancar dan juga membuka banyak cabang agar makanan khas ini agar dikenal oleh banyak masyarakat. Karena memiliki ciri khas yang berbeda dan rasanya yaitu apem bugis yang gurih ditaburi kelapa parut di atasnya sehingga ini menjadi makanan khas saat kita makan”. Kata mahasiswa/I Mawaddah,rian,faras,salwa,fristi.

Owner UMKM Apem Bugis yaitu bang Darma menyambut baik kunjungan ini dan merasa terbantu dengan kedatangan mahasiswa/I ULB yang berarti bagi UMKM Apem Bugis dengan adanya saran mengenai pemasaran yang luas kami dapat melihat apa kekurangan dari usaha UMKM Apem Bugis dan mempromosikan UMKM kami, kata bang Darma

Kegiatan Business Communication Mini Project ini diharapkan dapat bermanfaat bagi UMKM Apem Bugis dan juga memberikan contoh yang baik bagi usaha usaha lainnya. Dengan manfaat yang baik antara Mahasiswa/i dan pemilik usaha. Dan kami berharap Seluruh usaha yang ada di Rantauprapat semangkin berkembang dan dapat bersaing dipasar yang lebih luas. Kegiatan ini juga mengharapkan mahasiswa/i lainnya agar dapat mengembangkan ilmu untuk UMKM lainnya.

Kami berharap dari kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi mahasiswa/i baik di Universitas Labuhanbatu maupun di universitas lain untuk mempunyai jiwa Berbisnis dan dapat menggunakan ilmu yang didapatkan dari kampus. Kampus Universitas Labuhanbatu merupakan salah satu kampus yang terbaik di Sumatera Utara. Kampus ULB mampu memberikan pendidikan yang terbaik yang akan membantu mahasiswa/i untuk mencapai potensi yang maksimal. Sesuai dengan taglinenya yaitu Kreatif Mandiri dan Berwirausaha. Universitas Labuhan Batu terdiri dari empat fakultas salah satunya yaitu Fakultas Manajemen dan Bisnis dan Sepuluh Program studi yang sudah Terakreditasi B. Lokasi ULB terletak di Jalan Sisingamangaraja No. 126A Km 3,5 Aek Tapa, Kecamatan Rantau selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara

© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID