Breaking News

Warga Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi Kesal, Proyek Jalan PT KCI Belum Setahun sudah Rusak Parah.

poto : Kondisi Jalan 
Melawi, Kalbar-
Ketua Divisi Tipikor LP KPK Komda Kalbar Angkat Bicara.

Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Kalbar,- Belum sampai satu tahun dikerjakan, kondisi proyek peningkatan Jalan Nasional Simpang Tiong keranjik sudah mengalami kerusakan.

Mega proyek ini di laksanakan dengan nomor kontrak 12/PKS/HK 02.01/BB 20.6.2/2023

Tanggal pelaksanaan 28 Juli 2023.
Nilai Kontrak sebesar 22.318.437.000.00 (Dua Puluh Milyar Tiga Ratus Delapan Belas Juta Empat Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Rupiah).
Yang di biayai dari sumber dana APBN Tahun Anggaran 2023.
Waktu p pelaksanaan selama 154 hari.masa waktu pemeliharaan selama 365 hari. Penyedia Jasa PT KCI ( Kencanan Indah....
Konsultan Supervisi PT TRIJAYA FIRST ENGINEERING Kso PT KARAS SEMBADA.

Warga Kacamattan Belimbing mengaku sangat kecewa dengan konstruksi jalan yang dibangun menggunakan Dana APBN pada 2023 itu tidak sesuai spek sehingga belum lama dipakai sudah berlubang dan menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan.

"Yang kami sesalkan, kualitas jalan yang dibuat tidak kuat. Kalau dibandingkan dengan perusahaan yang lain membangun proyek jalan masih lebih kuat," terang Ketua Divisi Tipikor LP KPK Komda Kalbar,Deny. Senin (14/6/2024).

Sementara Deny mengatakan, dari teknik pengerjaannya dibangun spot-spot, kondisinya tidak rata, dan kontur jalannya sebagian seperti anak tangga.matrial menggunakan batu kerikil sungai pantai, bulatan,yang jelas ketebalan aspal sangat tipis.

Kondisi inilah yang menyebabkan kecelakaan terutama pada malam hari, ditambah lagi tidak adanya penerangan di sepanjang jalan tersebut.

“Kalau kita lihat dari kerusakan yang ada, kemungkinan takaran campurannya yang tidak kuat atau tidak sesuai. Selain itu, tebal tipisnya tidak seimbang," ujar Deny

Pihaknya juga meragukan tenaga tehcnik di lapangan skilnya nya belum mampu menghadapi pekerjaan proyek puluhan milyar. 

Selain itu pengawasan dari pihak konsultan saat pengerjaan dilakukan. Untuk itu sangat diharapkan setiap pekerjaan infrastruktur jalan penting bagi pengawas memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan sesuai spek.

"Kita masyarakat sudah dituntut untuk bayar pajak tetapi pembangunan jalan yang kita dapatkan tidak bertahan lama. Jujur kami sangat kecewa," ungkapnya lagi.

Di tahaui kami selama ini setiap proyek jalan yang di kerjakan oleh PT KCI milik saudara Ajin Nanga Pinoh pasti gagal kwalitas.dari tahun ke tahun boleh kita cek ke lapangan kita bicara berdasarkan fakta bukan karna cerita.
Poto : Kondisi jalan Yang rusak 

Deny Meminta kepada pihak APH untuk turun monitor kelapangan dalam rangka menyelidiki

Kondisi tersebut tentunya juga akan mengganggu kenyamanan dan membahayakan pengguna jalan tersebut. Kecelakaan seringkali terjadi karena pengendara tidak mampu mengontrol dan mengantisipasi jalan yang rusak tersebut, bahkan banyak juga yang sampai merengut nyawa pengendara. Kerusakan jalan juga dapat mempengaruhi laju roda perekonomian. Jalan yang rusak menjadikan arus transportasi barang dan manusia terhambat, juga dapat mengakibatkan biaya operasional kendaraan menjadi bertambah karena kerusakan bagian kendaraan akibat beban dan jalan yang bergelombang dan berlubang.

Secara teknis, kerusakan jalan menunjukkan suatu kondisi dimana struktural dan fungsional jalan sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap lalu lintas yang melintasi jalan tersebut. 

Kwalitas jalan yang bagus mencerminkan SDM dalam sebuah perusahaan sebagai pelaksana

Sumber : Deni / Jn.98
Publish : Peru 
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID