Breaking News

Jumat Pertama Keloter 15 Balikpapan, Masjidil Haram Penuh Sesak.


Makkah, Siapa yang tak ingin bisa shalat di Masjidil Haram? Tempat yang setiap kali shalatnya setara dengan 100 ribu kali shalat di masjid biasa. Hanya sekitar 241 ribu  orang yang beruntung dari umat Islam di seluruh Indonesia yang dapat menundukkan kepala untuk bersujud secara langsung di Baitullah di tahun 2024 ini, shalat secara langsung di hadapan Ka’bah tanpa terhalang oleh apapun.

Jutaan calon jamaah haji Indonesia mengantri untuk bisa berangkat. Jamaah Berau yang tergabung dalam kloter 15 Balikpapan antri antara 12 sampai 13 tahun untuk bisa berangkat. Mereka yang beruntung diberangkatkan pada tahun ini, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berlama-lama dan memaksimalkan ibadah di Masjidil Haram.

Jumat yang merupakan hari besar bagi umat Islam menjadikan Masjidil Haram lebih ramai dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Para jamaah haji berusaha memanfaatkan waktu dapat menunaikan shalat Jum’at di sana. Jamaah haji kloter 15 yang sudah berada di Makkah sejak pagi sudah berduyun-duyun ke Masjidil Haram supaya mendapatkan tempat strategis. Tak hanya laki-laki, jamaah perempuan pun, yang umumnya tidak melaksanakan shalat Jumat ketika di Indonesia, tak ingin kehilangan kesempatan beribadah di sana.

 Jam 7 pagi waktu setempat, bus Shalawat yang tujuan terminal Jiad, tidak diijinkan lewat. Jamaah lalu berjalan kaki menuju kompleks Masjidil Haram. Terlihat gelombang jamaah yang sebagian besar berpakaian putih-putih pun berduyun-duyun menuju masjid.Bagi jamaah yang tidak dapat masuk, mereka harus shalat di pelataran.
Jarak hotel keloter 15 Balikpapan ke mesjid 2,6 kilo meter, walau dekat jamaah tidak di sarankan berjalan kaki ke mesjid, mengingat suhu di siang hari mencapai 44 derajat.

Asdar Wahyoesri kaltim, www.jejakkasus.id
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID